Senin, 31 Mei 2010

VLAN

MEMBUAT KONFIGURASI JARINGAN MENGGUNAKAN VLAN DI PACKET TRACER 5.0

Pemanfaatan teknologi jaringan komputer sebagai media komunikasi data hingga saat ini semakin meningkat. Kebutuhan atas penggunaan bersama resources yang ada dalam jaringan baik software maupun hardware telah mengakibatkan timbulnya berbagai pengembangan teknologi jaringan itu sendiri. Seiring dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan dan semakin banyaknya pengguna jaringan yang menginginkan suatu bentuk jaringan yang dapat memberikan hasil maksimal baik dari segi efisiensi maupun peningkatan keamanan jaringan itu sendiri. Berlandaskan pada keinginan-keinginan tersebut, maka upaya-upaya penyempurnaan terus dilakukan oleh berbagai pihak. Dengan memanfaatkan berbagai tekhnik khususnya teknik subnetting dan penggunaan hardware yang lebih baik(antara lain switch) maka muncullah konsep Virtual Local Area Network(VLAN)yang diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dibanding Local area Network (LAN).

VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN , hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation seperti pada gambar dibawah ini :


Nah pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mempraktekannya,,Dalam pembuatannya ada beberapa langkah ataupun tahapan - tahapan yang harus diperhatikan & lakukan . Perhatikan baik - baik yacH . !!


1. Temen -temen harus masuk dulu ke program "Packet Tracer 5.0"
















2. Dibawah ini merupakan tampilan dari packet tracer 5...Setelah masuk pada tahapan ini. silahkan pilih "Switches" yang ada di kiri bawah (baris pertama urutan ke 2).



















3. Karena kita akan membuat 5 vlan, dimana tiap vlannya terdiri dari minimal 2 komputer,jadi harus menyediakan 1 switch n 10 komputernya.Nah disini temen2 bisa mengubah nama switch atau PC nya,,,dengan cara double klik aja bagian namanya. Ex: untuk switch saya beri nama "Switch Novia", sedangkan PCnya saya beri nama "Novia1"(untuk PC1), begitupun seterusnya sampai PC 10 dengan nama PC Novia10.



















4.Memilih jenis koneksinya,temen2 bisa memilih jenis koneksinya yang "copper Straight - Trough".



















5. Silahkan hubungkan koneksinya dari komputer ke switch. langkahnya tinggal klik aja koneksinya yang berjenis "copper Straight - Trough", kemudian klik di komputernya nanti akan ada dua pilihan, pilih aja yang pilihan ke dua(fastethernet),,,kemudian pilih lagi yang fastethernet 0/1 untuk komputer 1 (lakukan hal yang sama pada setiap komputer,,,sampai pada komputer yang kesepuluh).nanti hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.



















6. Langkah berikutnya adalah double klik komputer/PCnya, kemudian pilih yang "physical",,,pastikan CPU dalam kondisi aktif. Akan muncul warna kuning di atas tombol powernya...YacH bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.




















7.Mengatur IP Addressnya, supaya mudah bikin aja IP address yang berurutan,misalnya di PC1 ato Novia1,kita buat aja IP Addressnya : 192.168.1.1 begitu seterusnya hingga pada PC10 atau Novia10 (192.168.1.10) seperti yang bisa temen - temen lihat pada gambar dibawah ini.




















8. Setelah selesai mengatur Semua IP Address ke 10 PC,,,langkah berikutnya adalah masuk ke desktop, pilih command promt. command promt disini berfungsi untuk mengetahui IP Address di tiap2 PC itu berapa c,,,,caranya ketikkan saja key word ini "ipconfig /all" kemudian enter. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini.






































9.Setelah mengatur IP Addressnya. Coba deh temen2 double klik swithnya, kemudian pilih ikon config. disini temen2 akan membuat 5Vlan. Caranya adalah : pada kolom vlan Name isi aja "vlan2" kemudian Vlan numbernya di isi "2"(untuk pengaturan Vlan 2),,,kemudian klik add.lakukan sampai pada vlan5. Seperti pada gambar di bawah ini.




















10. Sekarang temen2 udah punya 5 vlan. dimana tiap vlan terdiri dari 2 PC. nah sekarang kita atur seperti berikut : vlan 1(PC Novia1, dan PC Novia2), vlan2(PC Novia3, dan PC Novia4), vlan3(PC Novia5, dan PC Novia6), vlan4(PC Novia7, dan PC Novia8), vlan5 (PC Novia9, dan PC Novia10), caranya adalah pada fastEthernet 0/1 (menandakan PC1 / PC Novia1) vlan nya di isi 1. begitu seterusnya sampai pada fastEthernet 0/10 (ingat!!!!!! aturannya seperti perintah di atas ya:).untuk lebih jelasnya bisa perhatikan gambar dibawah ini.



















11. Di bawah ini adalah tampilan dari menu CLI.



















12. Pada tahap berikutnya kita akan mencoba melakukan ping. ada 2 langkah yang pertama dengan menggunakan real time n simulation, yang ke dua menggunakan command promt. berikut kita coba yang mrnggunakan realtime. Pada packet tracer di bagian kanan bawah ada tampilan Realtime klik aja,,,,terus pilih gambar amplop terbuka,,, arahkan pada PC yang ingin temen2 uji. misal pada PCNovia1,,,setelah itu akan tampil tampilan berikut (ikuti saja perintah nya), kemudian klik "create PDU".























13. Nah karena PCNovia1 dan PCNovia2 adalah 1 Vlan(Vlan1),,,maka hasilnya akan successful. seperti yang terlihat pada gambar dibah ini.




















14. Kemudian bila kita cb dengan yang beda Vlan,,yaitu PC NOvia1 (vlan1) dengan PCNovia3 (vlan2).























15. Maka akan dipastikan hasilnya akan failed. seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.




















16. Sekarang kita akan mencoba untuk nge_ping dirinya sendiri. misal PCNovia6 dengan PCNovia6,,,























17.Karena PCNovia6 masih dalam konteks 1vlan.maka hasilnya adalah successful.




















18. Hasil yang sama akan teman teman dapatkan pula pada penge_ping_an menggunakn command promt, bisa dilihat pada gambar dibawah ini. misal kita lakukan pada PCNovia1 dengan PCNovia2 maka hasilnya akan "Reply from...... " karena PCNovia1 dengan PCNovia2 adalah satu vlan (vlan1).

tapi jika berbeda vlan misal pada PCNova3 dgn PCNova1 maka hasilnya akan request timed out. seperti yang terlihat seperti tampilan yang di beri bulatan warna kuning.





















19. Kemudian hal yang sama juga terjadi pada PCNova6 dengan PCNovia6,,,hasilnya akan "Reply from...... " karena masih dalam 1 vlan.




















* seLamaT meNcoBa *
S.e.m.o.G.a B.e.r.H.a.s.i.L ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar